Kecintaan kepada Kebaya Jadi Motor Penggerak UMKM
INDOPOSCO.ID – Kecintaan pada kebaya tidak hanya untuk menggerakkan usaha mikro kecil menengah (UMKM). Tetapi juga untuk mengajak masyarakat cinta pada produk lokal.
Pernyataan tersebut di atas diungkapkan Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Teten Masduki dalam kongres berkebaya nasional (KBN) 2021 secara daring, Selasa (6/4/2021).
Menurut Teten, kecintaan pada kebaya juga mampu menumbuhkan rasa cinta produk dalam negeri. Terlebih, negara Indonesia merupakan negara dengan keragaman suku maupun budaya. “Pakaian memiliki prospek yang baik ke depan. Dan perempuan memiliki peran besar dalam pertumbuhan ekonomi nasional,” ucapnya.
“Lebih dari 60 persen pelaku UKM adalah perempuan,” imbuhnya.
Teten mengapresiasi pelaksanaan KBN 2021. Karena kegiatan tersebut dapat mendorong dan menumbuhkan kesadaran masyarakat untuk menghargai kebaya sebagai warisan budaya luhur.
Pada kesempatan yang sama, Ketua Panitia KBN 2021 Lana T Koentjoro mengatakan, akan terus melakukan edukasi dan penyuluhan untuk pemberdayaan dan pengembangan UKM dalam bidang fashion, termasuk di dalamnya kebaya. “Kami juga memasarkan digital untuk menjangkau pasar lebih luas,” ujarnya. (nas)
Sumber: Indoposco.id, Foto: Instagram/@areazona_kebaya